Home » Nutrisi Ibu Hamil » Beberapa Kebutuhan Gizi Seimbang Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan gizi seimbang untuk ibu hamil tentunya harus di fahami. Kehamilan adalah masa yang paling penting bagi wanita karena disinilah mutu seorang anak akan di tentukan. Dalam keadaan hamil banyak hal yang harus di perhatikan baik untuk ibu atau untuk bayi yang sedang di kandung. Dari ibu yang sehat dan dengan bayi yang di kandung juga sehat adalah keindahan dan kenyamanan tersendiri untuk banyak orang terutama untuk sang ibu. salah satu pemeliharaan adalah dengan memperhatikan kecukupan makana, gizi atau hal yang sangat di perlukan oleh sang ibu karena kebanyakan mutu anak dalam kandungan ibu di tentukan oleh mutu makanan yang di konsumsi. Maka dari itu alangkah baiknya jika kebutuhan gizi seimbang untuk ibu hamil lebih diperhatikan demi bayi dan ibu yang sehat.

Seperti halnya orang yang normal, ibu yang sedang mengandung perlu mendapatkan menu yang seimbang sesuai dengan kebutuhan porsi saat ibu hamil agar dapat memenuhi semua kebutuhan pertumbuhan anak yang di kadung. Adapun beberapa factor yang dapat mempengaruhi kebutuhan gizi seimbang untuk ibu hamil seperti keadaan social dan ekonomi, jarak kehamilan bila hamil bukan anak pertama, asupan makanan pada waktu hamil, masalah kesehatan, jumlah anak yang di lahirkan, serta usia yang penting karena bila di atas 35 tahun seorang wanita akan lebih sulit untuk melahirkan.

Maka dari itu, bagi para ibu hamil sebaiknya memperhatikan factor- factor tersebut. Selain itu, berikut beberapa kebutuhan gizi seimbang untuk ibu hamil yang harus di perhatikan.Kebutuhan Nutrisi untuk Ibu Hamil

  • Energy

Besaran energy yang harus di perhatikan bagi ibu yang tengah hamil sangat pentinh karena energy adalah factor gizi yang paling penting jika dikaitkan dengan berat badan bayi. Banyaknya energy yang harus di penuhi sekitar 80.000 kkal atau 300 kkal sehari. Selama kehamilan, kebutuhan energy akan beragam mulai dari kebutuhan energy secara minimalis, penambahan volume darah, pertumbuhan uterus, payudara dan lemak, serta pertumbuhan janin dan pasenta.

  • Protein

Ibu hamil lebih banyak membutuhkan protein jika di bandingkan dengan kebutuhan yang normal tanpa hamil. Protein dapat di peroleh dengan mengkonsumsi daging tak berlemak, ikan, telur, susu, tahu, tempe dan kacang dengan konsumsi antara 17 gram per hari. Bagi ibu hamil, protein berguna untuk pertumbuhan anak, pembentukan plasenta, cadangan darah, pembuatan cairan ketuban, dan persiapan masa menyusui.

  • Vitamin dan mineral seperti asam folat, vitamin B12, vitamin D, yodium, kalsium, dan zat besi.

Beberpap jenis vitamin dan mineral di atas sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang mengandung.

Asam folat dua kali lipat di butuhkan saat ibu hamil, vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi tetap terus jaga asupan gizi untuk ibu yang saat ini sedang hamil.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Post Beberapa Kebutuhan Gizi Seimbang Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Penting

Makanan sehat untuk ibu hamil muda

Minyak ikan untuk Ibu Hamil

Tujuan Diet Ibu Hamil

Beberapa Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil