Breaking News
Home / Nutrisi Ibu Hamil / Makanan Sehat untuk ibu Melahirkan

makanan sehat ibu menyusui

Makanan Sehat untuk ibu Melahirkan

makanan sehat ibu menyusuiPasca melahirkan tentunya asupan gizi bagi ibu sangatlah penting, dimana makanan untuk ibu melahirkan berpengaruh besar bagi bayi. Seperti yang kita ketahui prosesi kehamilan ialah masa-masa yang sangat membahagiakan bukan saja bagi pasangan suami-isteri, namun juga bagi keluarga masing-masing baik dari pihak suami maupun istri. Proses kehamilan merupakan penanda bahwa anda dan pasangan sebentar lagi akan memiliki keturunan yang tentunya menjadi dambaan keluarga Anda. Dala proses kehamilan tersebut pasti yang akan diakhiri dengan persalinan. Yang mana proses persalina ini merupakan momen yang ditunggu oleh siapapun, terlebih lagi bagi mereka yang baru pertama kali mengalaminya.

Perlu diketahui bahwa bukan hanya ketika proses kehamilan saja anda dituntut untuk memilih makanan yang sehat, namun ketika sehabis melahirkan pun anda sebaiknya mengonsumsi makanan-makanan pilihan. Bagi para ibu yang ingin menjaga kesehatan tubuh setelah melahirkan serta mencegah agar tidak banyak lemak di tubuh sebagai konsekuensi dari banyak makan untuk kebutuhan air susu bagi bayi,  jangan khawatir tentunya anda dapat mengonsumsi makanan sehat sebagai berikut:

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makan yang mengandung karbohodrat dan protein. Para peneliti dari universitas top dunia, Harvard University As ditemukan bahwa wanita yang makan kacang dua kali seminggu mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan wanita yang sama sekali tidak memakan kacang. Jadi kacang baik untuk ibu sehabis melahirkan untuk mencegah berat badan.

  • Biji-bijian

Makanan seperti bubur gandum, beras merah maupun roti gandum termasuk dalam kategosri makanan biji-bijian yang merupakan sumber karbohidrat  yang dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sekitar 3 porsi biji-bijian dalam seharinya, maka total lemak dalam tubuhnya berkurang sekitar 3%. Makanan biji-bijian juga sangat berguna bagi ibu melahirkan untuk menurunkan lemah di tubuh.

  • Cuka apel.

selain itu cuka apel mengandung asam asetat yang bereaksi dengan enzim akan mengoksidasi lemak sehingga tak banyak lemak yang berakumulasi di dalam tubuh manusia. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat tubuh tetap terkontrol pasca melahirkan disarankan untuk mengonsumsi cuka apel ini secara konsisten.

Berikut manfaat propolis untuk ibu hamil:

  1. Mencegah terjadinya pendarahan yang dapat mengakibatkan keguguran.
  2. Membersihkan rahim dari virus, bakteri, dan jamur.
  3. Sebagai antibiotik alami yang bagus untuk ibu hamil dan janin.
  4. Menjaga stamina tubuh ibu hamil tetap sehat dan kuat.
  5. Mencegah janin mengidap penyakit degeneratif.
  6. Menjaga agar kondisi ibu hamil dan janinnya tetap sehat dan terlindungi dari virus, bakteri, ataupun jamur.
  7. Menjaga janin agar tumbuh dengan sehat.
  8. Memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan, seperti kalori, kalsium, zat besi, protein, asam folat, vitamin A, C, dan D.

Itulah beberapa makanan untuk ibu malahirkan yang sangat baik jika dikonsumsi. Untuk kekhawatiran terjadinya peningkatan bobot tubuh karena adanya timbunan lemak setelah melahirkan dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti yang telah disebutkan di atas. Makanan diatas juga dapat dikonsumsi ketika anda hamil muda pada saat Anda yang merasa mual ketika seperti memperbanyak konsumsi jahe, vitamin B6, meningkatkan intensitas makan dalam porsi kecil, dan juga memperbanyak konsumsi air putih. Jadi makanan untuk ibu melahirkan haruslah diperhatikan untuk menjaga tubuh anda. Semoga bermanfaat.

PENYANGGA PERUT HAMIL

About windi

Check Also

5473dfb61969a_5473dfb61a046

BOLEHKAH IBU HAMIL MAKAN MIE INSTAN

Mie instan adalah salah satu makanan terfavorit warga Indonesia. Mulai dari kalangan anak-anak, dewasa, mahasiswa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *