Home » Nutrisi Ibu Hamil » Mengenal Manfaat Madu untuk Ibu hamil

Madu untuk ibu hamil – Madu banyak memiliki kandungan serta manfaat yang berguna untuk kesehatan . Hal ini tidak dipungkiri lagi, karena sudah beberapa orang yang telah menggunakan madu sebagai obat kesehatan. Bukan sekedar itu saja, dari dulu madu juga sudah digunakan sebagai bahan dasar untuk menjaga kulit. Tak hanya mempunyai struktur yang lembut, madu ini mempunyai kandungan yang amat kaya dengan vitamin, mineral, potasium serta antioksidan. Madu kerap dipakai sebagai pelembab wajah serta masker wajah. Disamping itu, madu juga merupakan pemanis yang alami serta memiliki kandungan gizi yang tinggi, salah satunya adalah asam amino, zat gula (glukosa serta fruktosa) dan vitamin. Salah satunya riboflavin, niasin, thiamin, asam pantotenat, piridoksin, serta asam askorbat.

Madu untuk ibu hamil juga ada kandungan mineral yakni kalsium, natrium, kalium, magnesium, phosphor, zat besi, sulfut serta mangan. Dengan banyak nya kandungan yang berguna, madu juga bermanfaat untuk ibu hamil, karena di dalam madu juga terdapat asam folat yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk perkembangan janin. Bila ibu hamil kekurangan asam folat pada saat kehamilan awal bisa mengakibatkan bayi beresiko mengalami cacat bawaan pembuluh syaraf.

Mengurangi mual

Mual-mual yaitu perihal yang senantiasa dihadapi pada awal kehamilan, namun tak perlu cemas karena hal ini lumrah dihadapi oleh ibu hamil. Tetapi, bila ibu hamil jadi tidak kuat menahan rasa mual yang terus datang, dapat diatasi meminum madu yang dicampurkan dengan air putih.

Manfaat madu untuk ibu hamilMengurangi panas dalam perut

Keluhan yang juga kerap dihadapi oleh ibu hamil yaitu rasa panas di dalam perut ( heartburn ). Rasa panas diperut ini dikarenakan oleh berlangsungnya pelunakan sphincter pada kerongkongan serta lambung akibat dari hormon yang dilepaskan saat hamil. Keluhan ini juga dapat dikurangi dengan meminum madu + susu untuk menetralkan asam lambung, hingga panas dalam perut dapat dikurangi.

Menambah nafsu makan

Kendala selanjutnya yang kadang-kadang menimpa ibu hamil yaitu kurangnya nafsu makan. Perihal ini tidak bisa dilewatkan berlarut-larut, karena dapat beresiko juga pada janin yang dikandung. Rasa tidak nafsu makan ini dapat diatasi meminum madu dengan teratur.

Membuat perlindungan keracunan pada janin

Tidak cuma tidak nafsu makan saja yang beresiko untuk ibu hamil. Namun terlampau banyak makan akan beresiko jelek. Dikarenakan makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil terkadang tidak sesuai dengan kebutuhannya, yang perlu lebih diperhatikan yaitu jangan sampai makanan tersebut memiliki kandungan zat-zat yang dapat membahayakan janin. Di antara cara untuk mencegahnya yaitu meminum madu yang mana madu bisa membuat perlindungan janin dari keracunan.

Mempermudah sistem kelahiran

Manfaat madu yang satu ini tentunya tidak kalah dengan yang lain. Didalam kandungan madu ada zat prostagelandine, di mana zat ini bisa mempercepat kontraksi pada rahim serta membuat leher rahim melebar.

Menambah kekebalan tubuh

Saat tengah hamil, situasi ibu hamil mesti betul-betul di perhatikan, jangan sempat situasinya down, dikarenakan dapat punya pengaruh pada perubahan janin. Maka dari itu ibu hamil mesti ditingkatkan kekebalan tubuhnya. Konsumsi madu untuk ibu hamil yaitu di antara jalan keluarnya, dikarenakan dengan tingginya kandungan zat gizi yang ada di dalam madu, maka perihal itu akan menambah sistem kekebalan tubuh ibu hamil waktu mereka menyusui.

Itulah beberapa manfaat madu untuk ibu hamil, semoga apa yang sudah dijelaskan diatas bisa menjadi suatu informasi yang mana jika Anda sebagai ibu hamil bisa mencobanya, karena madu tidak hanya diperuntukan seorang ibu ketika hamil saja. Karena madu bisa dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh dari adanya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Related Post Mengenal Manfaat Madu untuk Ibu hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Rahasia dan Manfaat Madu Lebah Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil Yang Alergi Terhadap Susu Sapi

Makanan Sehat untuk ibu Melahirkan

Nutrisi penting untuk ibu hamil muda