Breaking News
Home / Tips Hamil / Apakah Ibu Hamil Dapat Menyusui ?

Posisi Menyusui yang benar

Apakah Ibu Hamil Dapat Menyusui ?

ASI eksklusif memang baik untuk kesehatan si buah hati, dengan memberikan ASI eksklusif (hanya ASI)  untuk anak usia 0-6 bulan daya tahan tubuh anak akan terjaga dari berbagai macam penyakit. Setelah itu, untuk anak usia 7-24 bulan terus berikan ASI dengan tambahan makanan pendamping ASI. Namun bagaimana jika yang terjadi adalah hamil di masa menyusui, dapatkah ibu hamil menyusui sedangkan masa menyusui untuk anak belum saatnya di berhentikan atau disapih. Terkadang hal ini yang dikhawatirkan oleh para ibu, apakah menyusui dapat mengakibatkan keguguran atau mengganggu kesehatan janin. Tidak perlu khawatir, karena menyusui saat hamil tidak akan mengkibatkan keguguran hanya saja ada beberapa gangguan dan kendala yang dialami oleh ibu hamil, sehingga mereka berfikir bahwa menyusui saat hamil tidak baik untuk kehamilan atau bahkan keguguran. Namun ada baiknya jika hal ini dikonsultasikan ke dokter, karena kondisi ibu hamil berbeda-beda, ada yang kuat dan ada yang lemah. Hal ini biasanya tergantung riwayat ibu hamil itu sendiri, apakah si ibu pernah mengalami keguguran atau bahkan berulang kali, sudah lama menikah tetapi baru hamil, kontraksi-kontraksi yang berlebihan saat menyusui atau yang lainnya.

Ada beberapa penyebab yang mungkin biasa dialami olah para ibu-ibu hamil seperti payudara terasa sakit saat menyusui, merasa cepat lelah, dan sebagainya. Hal itu disebabkan karena beberapa masalah hormon seperti kondisi payudara yang sensitif sehingga terasa sakit saat menyusui serta hormon oksitosin yang dihasilkan dari kontraksi-kontraksi otot karena menyusui dan berdampak pada payudara serta rahim. Ibu hamil menyusui dengan kondisi ibu hamil yang wajar dan sehat, kontraksi seperti itu tidaklah terlalu berdampak buruk untuk kehamilan, karena kontraksi yang terjadi saat menyusui tidak terlalu kencang.Posisi Menyusui yang benar

Bagaimanapun juga hal ini tetap harus diperhatikan, jangan terlalu sering menyusui karena keseringan ibu hamil menyusui tentu akan sering berkontraksi. Oleh sebab itu banyak ibu-ibu hamil yang mengeluh karena cepat lelah, bayangkan hamil saja sudah sangat melelahkan karena tenaga seorang ibu hamil tidak sama dengan kondisi sebelumnya saat tidak hamil apalagi jika seorang ibu hamil menyusui anak sebelumnya, berapa banyak tenaga yang dikeluarkan. Namun biasanya anak akan merasakan ketidaknyamanan saat menyusui dikarenakan kualitas ASI yang dihasilkan ibu menurun, rasanya yang tidak lagi enak, dan produksi ASI yang sedikit membuat anak dengan sendirinya berhenti menyusui. Dengan itu, asupan protein dan karbohidrat sangatlah diperlukan untuk menambah tenaga saat hamil serta istirahat yang cukup untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Sangat disarankan untuk selalu menyediakan buah-buahan segar di rumah bagi ibu hamil menyusui. Jagalah selalu kehamilan anda dengan baik, semoga artikel ini bermanfaat untuk para ibu hamil, namun lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter anda.

PENYANGGA PERUT HAMIL

About windi

Check Also

Diare pada ibu Hamil

OBAT DIARE UNTUK IBU HAMIL

Sakit Diare Saat Hamil. Pada awal kemamilan apalagi saat trimester pertama sering timbul gejala-gejala seperti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *