Breaking News
Home / Nutrisi Ibu Hamil / BOLEHKAH IBU HAMIL MAKAN MIE INSTAN

5473dfb61969a_5473dfb61a046

BOLEHKAH IBU HAMIL MAKAN MIE INSTAN

5473dfb61969a_5473dfb61a046Mie instan adalah salah satu makanan terfavorit warga Indonesia. Mulai dari kalangan anak-anak, dewasa, mahasiswa, ibu-ibu, dan bapak-bapak. Bisa dipastikan hampir setiap orang telah mencicipi mie instan atau mempunyai persediaan mie instan di rumah. Mie instan sebagia makanan siap saji yang mudah cara membuatnya sehingga semua kalangan menyukainya. Tak terkecuali ibu hamil. Kebiasaan ibu hamil saat sebelum hamil yang suka makan mie maka saat hamilpun akan sulit untuk mencegahnya. Namun disini timbul pertanyaan. Apakah ibu hamil boleh makan mie? Kalau tidak boleh apa alasannya? Banyak mitos yang berkembang di masyarakat bahwa pada saat hamil dilarang memakan mie instan. Mengapa? Apakah benar demikian? Berikut ini penjelasannya.

Kandungan Gizi pada Mie Instan.

35793-0_663_382Agar lebih tahu mengapa ada mitos demikian, lebih baik kita lihat dulu apa kandungan gizi yang terdapat pada mi instan. Mie instan mengandung tepung yang kaya kalori, mineral, beragam jenis vitamin, lemak, kandungan protein rendah dan serat yang semuanya dibutuhkan oleh ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Mie instan kaya akan kalori namun miskin serat, vitamin dan mineral.

Bila ditinjau lebih lanjut, boleh saja ibu hamil makan mie instan namun disarankan jangan makan mie instan setiap hari. Mengapa? Mari kita simak ulasan berikut. Disamping mie instan memiliki kandungan kalori yang banyak bisa sebagai penganti nasi namun disisi lain mie instan memiliki kandungan gizi yang kurang baik pada bumbunya. Bumbu mie instan mengandung MSG yakni senyawa kimia (Monosodium Glutamat) senyawa ini adalah zat aditif atau tambahan sebagi penguat rasa agar rasanya lebih kuat gurih dan ni’mat. MSG atau bisa di sebut vetsin jika di konsumsi oleh ibu hamil dalam jangka waktu yang panjang maka akan terakumulasi bisa mengakibatkan berbagai macam masalah. Seperti mual, pusing, lemas dan sakit perut. Hal ini akibat reaksi hipersensitif oleh lambung. Akan berakibat fatal jika ibu hamil sering mengkonsumsinya. Apalagi menggunakan stirofoam pada “cup mie” dalam mie ber cup yang bisa menyebabkan gejala kanker.

Inilah kandungan mie yang berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus

  • Mie dibuat dari berbagai macam bahan yang mengandung zat aditif seperti Natrium Polifosfat (yang biasa dipakai untuk mengemulsi atau sebagai penyeimbang ketika membuat mie)
  • Natarium Karbonat dan Kalium Karbonat yang biasa dipakai untuk menyeimbangkan keasaman atau yang mengatur asam
  • Tartazine atau zat pewarna makanan yang berfungsi membuat mie memiliki warna kuning yang bagus
  • Mengandung zat aditif makanan seperti Monosium Glutamat atau biasa kita singkat menjadi MSG dipakai sebagai bahan penguat rasa pada mie10-bahaya-mie-instant-bagi-kesehatan

Zat diatas merupakan zat tambahan berbahan kimia yang jika dikonsumsi terus-menerus tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama ibu hamil. Namun mie instan jika dikonsumsi secara jarang maka tidak masalah bagi kesehatan. Yang menjadi masalah ketika mie instan sudah dijadikan makanan utama. Untuk itu ibu hamil disarankan makan makanan yang segar dan bergizi. Jika memang sulit untuk tidak makan mie instan karena sudah kebiasaan maka jalan terbaik menguranginya demi kebaikan ibu hamil dan janinnya.

PENYANGGA PERUT HAMIL

About windi

Check Also

flu pada ibu hamil

OBAT FLU UNTUK IBU HAMIL

Flu Saat Hamil. Biasanya pada musim hujan tubuh kita sering rentan terkena berbagai peyakit. Salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *