Breaking News
Home / Tips Hamil / Cara Menghitung Usia Kehamilan

Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan Alami dan Medis

Banyak calon ibu yang tidak tahu bagaimana cara menghitung usia kandungan ibu hamil . Sebagian besar calon ibu hanya memeriksakan kandungan ke dokter untuk mengetahui usia janin dalam kandungan mereka. Sebenarnya banyak sekali cara untuk menghitung usia kehamilan. Kehamilan merupakan sebuah anugerah terbesar yang diberikan kepada wanita. Wanita yang hamil diberi sebuah tanggung jawab agar bisa merawat kehamilan sampai nantinya melahirkan bayi dalam kandungan tersebut. Oleh sebab itu ikatan batin anak dan ibu akan jauh lebih erat ketimbang ikatan batin ayah dan anak. Hal ini banyak disebabkan karena bayi tinggal bersama ibu selama 9 bulan dalam kandungan. Sayangnya banyak sekali wanita yang tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Oleh sebab itu meeka juga tidak bisa memberikan nutrisi yang baik untuk bayi mereka di masa awal kehamilan. Lalu bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk menghitung usia kehamilan kandungan anda tersebut? Anda akan mendapatkan informasinya di sini.

Cara Alami Hitung Usia Kandungan

rumus menghitung umur kehamilanSeperti yang sudah dikatakan di atas, menghitung usia kehamilan bukanlah hal yang mudah. Sebagian besar wanita menggunakan cara menghitung usia kehamilan dengan menghitung kapan mereka menstruasi yang terakhir kalinya. Namun akurasi penghitungan yang dilakukan oleh banyak wanita tentu saja terkadang memang sangat kurang. Ada metode alami yang bisa anda gunakan walaupun terkadang memang tidak akan memberikan hasil yang seakurat dengan metode medis. Anda bisa menggunakan metode kalender. Penggunaan metode kalender ini hanya bisa dilakukan apabila anda mengetahui dan mempunyai pengetahuan yang cukup untuk melakukan cara penghitungan ini. Penghitungan ini akan didasarkan pada tanggal haid atau menstruasi anda yang terakhir. Nantinya anda akan akan menghitung  dengan rmus Naegele. Anda bisa menambahkan tanggal terakhir anda menstruasi dengan 7 dan anda bsia mengurangkan bulan menstruasi anda dengan 3. Sedangkan tahunnya akan ditambahkan dengan angka 1. Sayangnya cara menghitung usia kehamilan ini sangat sulit untuk dilakukan dan mendapatkan hasil yang akurat juga sangat sulit. Oleh sebab itu cara ini juga harus didukung dengan cara lainnya. Cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan cara medis yang tentu hasilnya akan lebih bisa membuat anda percaya.

Cara Hitung Usia Kandungan dengan Metode Medis

Saat ini semua orang memang senang menggunakan cara-cara yang sangat praktis. Anda tidak lagi perlu menghitung dengan sistem kalender. Jika anda merasakan gejala-gejala hamil anda bisa pergi ke dokter untuk memeriksakan diri anda di dokter. Dokter sendiri biasanya akan menggunakan rumus menghitung umur kehamilan yang bermacam-macam. Dokter bisa menggunakan metode fundus uteri atau yang sering disebut dengan puncak rahim. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh dokter dan dokter akan mengetahui usia kehamilan dengan meraba bagian fundus. Cara lainnya adalah dengan menggunakan ultrasonografi yang saat ini sangat terkenal dengan istilah USG. Ini adalah cara yang paling mudah dan juga paling akurat bagi anda yang ingin mengetahui usia kehamilan anda. Cara ini juga akan memberikan hasil 95% akurat. Cara ini juga banyak digunakan untuk melihat kondisi kandungan dan perkembangan bayi anda. Anda bisa melihat hasil gambar 3 dimensi dari janin dalam kandungan. Semakin besar usia kandungan anda maka akan semakin jelas anda bisa melihat janin anda. Namun sebaiknya ketika anda hamil anda tidak terlalu sering melakukan USG. Anda sebaiknya mengetahui waktu yang tepat dan bisa dikonsultasikan dengan dokter juga tentang kondisi janin anda.  Lalu cara menghitung usia kehamilan manakah yang akan anda pilih?

PENYANGGA PERUT HAMIL

About windi

Check Also

Diare pada ibu Hamil

OBAT DIARE UNTUK IBU HAMIL

Sakit Diare Saat Hamil. Pada awal kemamilan apalagi saat trimester pertama sering timbul gejala-gejala seperti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *