Breaking News
Home / Ibu Hamil Sehat / Hal Yang Menyebabkan Timbulnya Anemia Pada Ibu Hamil

kasus anemia pada ibu hamil

Hal Yang Menyebabkan Timbulnya Anemia Pada Ibu Hamil

Penyebab anemia pada ibu hamil

Di masa sekarang ini, banyak sekali ibu hamil yang mempertanyakan tentang apakah sebenarnya penyebab anemia pada ibu hamil. Pertanyaan akan hal tersebut muncul karena anemia sepertinya merupakan satu hal yang memang tidak bisa dipisahkan dari ibu hamil. Hampir semua ibu hamil di seluruh dunia mengalami gangguan kesehatan yang satu ini. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika pada akhirnya muncul pertanyaan tentang mengapa anemia dirasakan oleh ibu hamil, bahkan jika sebenarnya mereka tidak pernah sama sekali mengalami gejala semacam itu sebelum mereka hamil. Jika pada saat ini anda juga sedang hamil dan mengalami gejala anemia, tentu saja anda perlu mengetahui tentang penyebab anemia pada ibu hamil. Akan lebih baik lagi jika anda juga mengetahui tentang bagaimana cara mengatasinya sehingga anda tidak perlu lagi direpotkan dengan efek yang ditimbulkan oleh anemia ini.

Penyebab Terjadinya Anemia Pada Ibu hamil

cara mengatasi anemia pada ibu hamilSebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dikatakan sebagai penyebab anemia pada ibu hamil . Hal yang pertama adalah kurangnya jumlah zat besi dalam tubuh si ibu hamil. Hal ini tentu saja bukanlah suatu hal yang terjadi begitu saja. Ibu hamil mengalami kekurangan zat besi karena peningkatan jumlah sel darah yang memang secara otomatis terjadi di dalam tubuh ibu hamil karena kehamilannya tersebut. Jumlah dari peningkatan sel darah ini bisa mencapai lebih dari 50%. Karena hal inilah jumlah zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh si ibu hamil juga meningkat. Padahal, zat besi merupakan satu zat yang tidak bisa secara langsung diproduksi oleh tubuh. Kekurangan zat besi saat jumlah sel darah terlalu banyakan akan menyebabkan rendahnya tingkat hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin ini sendiri dapat dikatakan sebagai zat yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika kebutuhan akan zat besi tidak segera terpenuhi, pada akhirnya wanita hamil akan mengalami suatu kondisi yang disebut sebagai anemia.

Jika sudah terlanjur terserang anemia, ada beberapa gejala yang akan dialami oleh wanita hamil. Terkadang wanita hamil tidak melulu mengalami semua gejala yang diketahui sebagai gejala umum dari penyakit anemia namun hanya beberapa diantaranya saja. Gejala yang paling umum adalah rasa pusing dan lemas yang datang terus menerus. Jika anemia yang dialami bisa dikatakan cukup parah, gejala tersebut bisa berlanjut pada sesuatu yang lebih buruk, seperti mata yang berkunang-kunang hingga pingsan.

Cara mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

kasus anemia pada ibu hamilDengan segala macam gejala yang cenderung mengacu pada seusatu yang buruk sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu saja anemia merupakan sesuatu yang harus segera diatasi sebelum menyebabkan sesuatu yang jauh lebih buruk lagi. Hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah mengenali secara pasti setiap gejala yang mengacu pada penyakit anemia. Dengan mengetahui gejala-gejala tersebut tentunya akan lebih mudah menyadari bahwa sebenarnya anemia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sedang dialami. Selain itu, tentu saja tindakan untuk mengatasi anemia yang sudah terlanjur terjadi adalah hal berikutnya yang memang harus dilakukan. Karena penderita sedang dalam keadaan hamil, tentu saja tidak disarankan untuk langsung mengkonsumsi obat anti-anemia yang banyak tersedia di pasaran di masa sekarang ini. Ada baiknya jika cara yang alami, seperti mendapatkan asupan zat besi secara alami, lebih dipertimbangkan guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Setelah mengetahui tentang penyebab anemia pada ibu hamil dan juga cara mengatasinya, semoga anda bisa mejalankan masa kehamilan anda dengan lebih baik lagi.

PENYANGGA PERUT HAMIL

About windi

Check Also

Diare pada ibu Hamil

OBAT DIARE UNTUK IBU HAMIL

Sakit Diare Saat Hamil. Pada awal kemamilan apalagi saat trimester pertama sering timbul gejala-gejala seperti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *