BellyDancingCourse Banner
Home » Tips Hamil » Pemeriksaan Fisik Untuk Ibu Hamil
Filed: Tips Hamil

Pemeriksaan fisik untuk ibu hamil.itu penting.Ibu hamil memang memerlukan perhatian yang lebih ekstra karena pada masa inilah ibu di tuntut untuk tetap sehat dan kuat selama kehamilan hingga masa persalinan. Ibu hamil sangat rentan terkena berbagai macam penyakit dan resiko seperti keguguran jika fisik sang ibu kurang baik selama mengandung. Maka penting bagi setiap ibu untuk terus memperhatikan fisiknya demi kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Jadi alangkah pentingnya untuk ibu selalu rutin melakukan pemeriksaan fisik untuk ibu hamil.

Pemeriksaan fisik tidak hanya di lakukan bagi mereka yang mengalami keluhan atau sedang sakit namun pemeriksaan fisik untuk ibu hamil juga penting demi memperhatikan perkembangan ibu dan bayi ibu yang hamil. Tujuan dari pemeriksaan fisik ini yaitu ntuk menilai dan melihat kondisi kesehatan ibu dan bayi yang di kandung serta tingkat kenyamanan fisik ibu bersalin sesuai dengan kondisi ibu. dalam melakukan pemeriksaan fisik bagi ibu hamil, ada beberapa tahapan mulai dari cuci tangan, meminta ibu untuk mengosongkan kandung kemih, nilai kesehatan dan tingkat kenyamanan ibu, pemeriksaan abdomen, pemeriksaan dalam dan cuc tangan.Pemeriksaan Fisik ibu Hamil

Setelah melakukan beberapa tahapan di atas, banyak lagi yang harus di perhatikan dan di ikuti demi kenyamanan anda selama hamil dan melahirkan bayi yang sehat dan sempurna. Maka dari itu, berikut beberapa tahapan dalam pemeriksaan fisik untuk ibu hamil untuk mengetahui tentang keadaan ibu sekarang dan perkembangan janin yang di kandung.

  • Menentukan tinggi fundus
  • Memantau kontraksi uterus
  • Memantau DJJ

Gangguan kesehatan janin di cerminkan dari DJJ yang kurang dari 120 atau lebih dari 160 kali per menit. Namun jika DJJ kurang dari 100 atau lebih dari 180 kali per menit baringkan ibu ke sisi kiri dan anjurkan ibu relaksasi. Jika ibu tidak mengalami perubahan dengan baik, di harapkan untuk ibu langsung di rujuk.

  • Menentukan prestasi. Bagian ini di lakukan dengan cara: ibu berdiri di samping dan menghadap ke kepala ibu, dengan ibu jari dan jari tengah dari 1 tangan pegang bagian bawah janin, jika bagian bawah janin belum masuk maka bagian tersebut masih dapat di gerakkan, perhatikan bentuk, ukuran dan kepadatan dari kepala dan bokong.
  • Menentukan penurunan bagian terbawah janin

pemeriksaan fisik ibu hamilPenilaian ini di lakukan dengan menghitung proporsi bagian terbawah janin yang masih berada di atsa simpisi dan dapat diukur dengan 5 jari tangan. Bagian terbawah sipisis adalah proporsi yang belum masuk PAP dan sisanya menunjukan bagian terbawah janin masuk ke dalam rongga panggul.

Untuk itu, baik bagi setiap ibu dan anggota keluarga tetap memperhatikan kesehatan istri anda yang tengah hamil dengan melakukan pemeriksaan fisik untuk ibu hamil secara rutin.

Related Post Pemeriksaan Fisik Untuk Ibu Hamil

Beberapa tanda-tanda kehamilan

Trik Memilih Bra Hamil

Cara Menghitung Masa Subur

Apakah Ibu Hamil Dapat Menyusui ?

Hal Yang Menyebabkan Timbulnya Anemia Pada Ibu Hamil