Home » Tips Hamil » Tips puasa ibu hamil agar tetap sehat
Filed: Tips Hamil

Puasa dibulan Ramadha adalah kewajiban bagi umat muslim, bagi ibu hamil tentunya ada bebrapa tips puasa ibu hamil agar ibu dan bayi tetapt terjaga kesehatannya. Seperti yang kita ketahui menjalan puasa Ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap mukmin, termasuk juga wanita yang sedang hamil. Tetapi hal ini juga tentunya harus dikonsultasikan dengan dokter atau pun bidan yang berkompeten untuk menganalisanya menurut kesehatan . Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan dengan gizi yang berlebihan belum tentu baik untuk kesehatan, karena overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit seperti kolesterol, jantung koroner, kencing manis, dan lain-lain. Bagi para wanita yang tengah menjalani masa kehamilan saat bulan Ramadhan diperbolehkan untuk tetap menjalankan kewajibannya puasa Ramadhan selama puasanya tersebut tidak tersebut mengganggu kesehatan bagi sang ibu maupun sang janin. Dlam hal ini tentunya tidak berpuasa boleh dilakukan bila dalam keadaan-keadaan tertentu terhadap kehamilan. Bila dalam keadaan sehat, maka ibu hamil pun tetap untuk melakukan kewajiban puasa Ramadhan.

Tips Puasa Saat hamilNah perlu diketahui untuk para wanita yang sedang hamil adanya beberapa tips puasa ibu hamil; Berikut tips-tipsnya:

  • Mencegah dehidrasi bagi ibu hamil, Ketika puasa kita pasti mengalami dehidrasi dan bagi ibu hamil untuk mencegah dehidrasi yang tetap berpuasa Ramadhan adalah dengan cara memperbanyak minum pada saat berbuka. Mmeperbanyak minum bgai ibu hamil tidak dalam satu waktu namun berselang seling yang disesuaikan dengan porsi makan.
  • Ketika berbuka maupun makan sahur, dipastikan supaya ibu hamil memperoleh banyak protein dari makanan serta sayuran yang dikonsumsinya. Karena kebutuhan protein sanagt penting bagi pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan.
  • Bagi ibu hamil hendaknya hindari saat berbuka dengan banyak meminum minuman yang terlalu manis karena dapat menyebabkan meningkatkannya kadar gula darah dengan cepat.
  • Ketika makan sahur, ubu hamil hendaknya memilih makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran yang berfungsi agar saat melaksanakan puasa tidak mudah lapar. Dan perlu diingat untu menghindari makanan kaleng, makanan yang banyak mengandung akan zat pengawet, tinggi lemak, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula contohnya adalah makanan cepat saji karena selain dapat mengganggu aktiitas puasa juga dapat berpengaruh buruk pada janin ibu.
  • Walaupun sedang puasa tetaplah menjalani kehamilan dengan senang dan juga mengurangi faktor stressor. Kerena perubahan dalam hal rutinitas, perut kosong, serta jadwal makan, minum dan tidur yang berubah dapat menyebabkan stres. Ibu hamil yang berpuasa diketahui memiliki tingkat hormon stres yang lebih tinggi dalam darah mereka dibandingkan wanita yang tidak berpuasa. Jadi hindari hal-hal yang menyebabkan stress, dan tteplah untuk merasa nyaman dan senang.

Nah itulah bebrapa tips puasa ibu hamil yang perlu diketahui, semoga bermanfaat

Related Post Tips puasa ibu hamil agar tetap sehat

Apakah Ibu Hamil Dapat Menyusui ?

Kenyamanan Saat Persalinan Ibu Hamil

Tips Memilih Obat Maag untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Busana Ibu Hamil yang Tepat dan Nyaman

Pemeriksaan Fisik Untuk Ibu Hamil