Home » Ibu Hamil Sehat » Cara Tidur Terbaik Sewaktu Hamil

Ketika hamil sebagaian wanita pasti merasakan betapa tidak nyamanya waktu tidur, serbasalah rasanya posisi yang diambil pada waktu tidur, hal ini akhirnya berdampak pada kurangnya waktu istirahat yang berkualitas. Jadi sebenarnya posisi tidur yang bagaimana yang benar dan terbaik bagi ibu dan janin?

Mungkin ketika hamil muda dimana perut belum cukup besar masalah tidur tidak menjadi problem bagi wanita hamil, namun seiring waktu perut semakin membesar, dan mulai timbullah problem posisi tidur. Dimana ketika perut semakin membesar maka saat tidur andapun mulai tak nyaman lagi, karena perut yang membesar, gerakan bayi dan kram kaki.Posisi Tidur Terbaik ibu Hamil

Memang belum ada penelitian lebih lanjut yang meneliti tentang posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil, namun para pakar menganjurkan bahwa dalam menentukan posisi tidur yang terbaik pada wanita hamil adalah dengan posisi miring ke sisi arah kiri, kenapa miring ke kiri? karena perlu diketahui dengan posisi miring kekiri dapat memberikan janin lebih banyak suplay aliran darah dan nutrisi ke dalam plasenta sehingga pertumbuhanya dapat lebih maksimal. karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.

Related Post Cara Tidur Terbaik Sewaktu Hamil

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Penyebab dan Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil

Ketahui Macam-Macam Olahraga Untuk Ibu Hamil

Beberapa hal penting Cara merawat ibu hamil muda

Manfaat Senam Pernapasan Ibu Hamil