BellyDancingCourse Banner
Home » Ibu Hamil Sehat » Gerakan Senam Sehat Untuk Ibu Hamil

Gerakan senam untuk ibu hamil (Prenatal Exercises)- Kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita mengalami suatu keadaan yang luar biasa karena di dalam rahim terdapat janin yang akan menjadi calon anak bagi mereka. Dalam masa kehamilannya seorang ibu kendaklah menjaga daya tahan tubuh mereka, tidak hanya menjaga daya tahan ibu, namun kesehatan sang calon bayi pun mutlak harus mendapatkan ekstra perhatian khusus. Selain menjaga asupan gizi untuk sang ibu dan buah hati, agar ibu selalu dalam kondisi yang sehat hendaklah ibu hamil melakukan gerakan-gerakan kecil untuk melemaskan otot-otot tubuh serta melancarkan peredaran darah. Dengan itu tubuh akan merasa lebih rileks, segar dan bugar sehingga saat persalinan tiba, ibu hamil akan mudah untuk melahirkan.

Ada berbagai gerakan-gerakan senam ibu hamil yang dapat di praktekan di rumah:

  1. Duduk bersila dengan posisi badan tegak, tangan tetap di depan, pikiran relax. Gerakan ini dapat dilakukan sesering mungkin, atau dapat dilakukan saat anda sedang duduk santai.
  2. Lakukan gerakan-gerakan berikut dengan posisi badan merangkak, posisi lutut dan telapak tangan sejajar dengan lantai. Setelah itu lakukan gerakan-gerakan seperti; menundukkan kepala sambil melihat perut dan pinggang diangkat, kemudian angkat kepala dan turunkan pinggang. Lakukan dengan aturan nafas yang baik, dengan itu otot-otot perut dan pinggul dapat melemas. Lakukan gerakan ini secara berurut dan teratur dan diulang selama 8 kali.Senam Hamil
  3. Gerakan merangkak, posisi lutut tegak, kepala menyender ke lantai dengan posisi tangan terlentang. Gerakan ini dilakukan dengan kepala menoleh ke kanan juga ke kiri, lakukan beberapa menit atau menurut kemampuan ibu hamil.
  4. Duduk di atas matras, bantal duduk, sofa, atau kasur dengan posisi mengangkang badan condong ke belakang dengan bantuan tumpuan tangan yang menyangga lantai. Lakukan berbagai gerakan kaki, ke atas, ke bawah, ke samping kiri dan kanan. Lakukan gerakan tersebut berulang kali.
  5. Gerakan berikut dapat anda lakukan saat tidur. Seperti berbaring miring maupun berbaring terlentang dengan kaki diangkat, lutut dipegang oleh kedua tangan.  Gerakan ini cukup santai, anda dapat melakukannya setiap malam saat ingin tidur.
  6. Gerakan lainnya yang dapat diprektekan di saat santai atau saat waktu senggang sambil duduk di kursi, atau sambil menonton televisi, ibu hamil dapat melakukan gerakan seperti mengangkat salah satu kaki lurus sejajar dengan kursi secara bergantian, saat salah satu kaki diangkat tahan beberapa menit dan lakukan itu berulang kali.

gambar senam hamilSelain melakukan latihan-latihan pelemasan otot-otot, latihan pernapasan untuk ibu hamil  juga sangat penting karena saat persalinan nanti pernapasan sangatlah berperan penting. Latihan pernapasan dapat dilakukan dengan cara memadukan antara pernapadan perut dan dada bersamaan dengan gerakan-gerakan badan yang telah dicontohkan di atas. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan kandungan, beberapa gerakan senam ibu hamil baik untuk kesehata, dan dianjurkan pula untuk mengkonsumsi buah-buahan yang baik untuk kandungan dan rutin mengontrol kesehatan kehamilan ke dokter atau bidan.

Related Post Gerakan Senam Sehat Untuk Ibu Hamil

Hipertensi pada ibu hamil

Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil: Aman dan Manjur

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Tips Perawatan Tubuh Saat Hamil

Tips mempersiapkan kehamilan yang sehat