Breaking News
Home / Ibu Hamil Sehat / Hipertensi pada ibu hamil

waspadai hipertensi pada ibu hamil

Hipertensi pada ibu hamil

Hipertensi atau yang biasa kita kenal sebagai tekanan darah tinggi dapat dialami ibu hamil dan sangat membahayakan baik untuk kandungan sang ibu itu sendiri maupun bagi sang ibu. hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat terjadi ketika darah yang dipompa oleh jantung akan mengalami peningkatan tekanan, sehingga membuat tekanan dan merusak dinding arteri di pembuluh darah. Dalam ilmu kesehatan orang dapat dikatakan mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi jika tekanan darahnya berada di atas 140/90 mmHG (140 mmHg tekanan sistolik dan 90 mmHg tekanan diastolik). Sedangkan hipertensi pada ibu hamil sering terjadi pada usia ibu hamil di bawah 20 tahun atau di atas 40, begitu juga pada kehamilan dengan bayi kembar, atau dapat pula terjadi kehamilan pertama.

hipertensi pada ibu hamilDalam dunia kesehatan ada dua jenis hipertensi atau tekanan darah tinggi, yaitu hipertensi essensial atau hipertensi primer. Hipertensi ini bukan disebabkan oleh adanya gangguan pada jantung atau ginjal, tetapi lebih disebabkan oleh faktor lain misal pola hidup yang kurang sehat seperti stress, mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang berlebih, merokok, kebiasaan minuman beralkohol dan kafein, pola makan yang kurang sehat dapat mengakibatkan timbunan lemak yang berdampak pada kelebihan berat badan selain itu faktor  keturunan juga ikut berperan.

Selain penyebab yang telah diterangkan, ada pula jenis penyebab lain seperti gangguan ginjal atau jantung, jenis hipertensi yang disebabkan hal tersebut dalam dunia kesehatan dikenal dengan hipertensi sekunder.

Sedangkan hipertensi pada ibu hamil adalah jenis hipertensi yang paling berbahaya, karena dari hipertensi ini dapat menyebabkan Pre-eklampsia pada kehamilan atau di sebut juga keracunan kehamilan.

Pre-eklampsia adalah jenis penyakit yang muncul dengan tanda-tanda hipertensi, edema dan proteinuria pada saat kehamilan, biasanya istilah lainnya disebut juga keracunan kehamilan

Hipertensi penyebab Pre-eklampsia di indikasikan dengan adanya kenaikan tekananan sistolik sebesar 30 mm Hg atau mencapai 140 mm Hg, dan kenaikan tekanan diastolik sebesar 15 mm Hg atau mecapai 90 mm Hg.

Sedangkan edema diindikasikan dengan terjadinya penimbunan cairan secara umum dan berlebihan dalam tubuh, secara normal dapat diketahui dari kenaikan berat badan serta adanya pembengkakan kaki, jari tangan dan muka. Kenaikan berat badan sebesar 1 kg dalam waktu seminggu secara berkala dalam beberapa kali bisa menjadi tanda-tanda pre-eklampsia.waspadai hipertensi pada ibu hamil

Proteinuria pre-eklampsia diindikasikan dengan adanya konsentrasi protein dalam air kencing yg melebihi 0,3 g/liter dan air kencing 400 ml atau kurang dalam sehari.

Pencegahan

Hipertensi pada kehamilan dapat dicegah dengan mudah melalui pola hidup yang sehat seperti menghindari minuman yang beralkohol, serta kebiasaan merokok, dan pola makan yang sehat (konsumsi protein tinggi, hindari konsumsi berlebih makanan yang mengandung hidrat arang dan garam berlebih). Selain itu untuk ibu hamil dapat mengkonsumsi jenis makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah seperti coklat, ikan dan buah Lakukan kontrol rutin terhadap kesehatan janin serta lakukan secara rutin olahraga ringan demi kesehatan janin dan tubuh sang ibu.

PENYANGGA PERUT HAMIL

About windi

Check Also

obat batuk untuk ibu hamil

Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil: Aman dan Manjur

Obat batuk alami untuk ibu hamil Kehamilan adalah salah satu masa yang sangat membahagiakan bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *