Home » Ibu Hamil Sehat » Penyebab dan Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil

Kram pada ibu hamil pada umumnya dianggap hal normal bagi seorang wanita yang sedang menjalani masa kehamilan. Meskipun masih tergolong normal, tapi sebaiknya jangan didiamkan hingga dapat menimbulkan sakit yang berkepanjangan. Menurut dokter Dwi Prabini Spog dari brawijaya women and children hospital , kram biasanya terjadi saat kehamilan memasuki trimester ketiga karena berat badan yang bertambah seahingga terjadi penumpukan cairan tubuh sehingga terjadi kram pada anggota tubuh seperti kaki kram. Selain itu kram pada perut juga bisa bisa terjadi karena adanya gangguan asupan oksigen yang membuat aliran darah tidak lancar, sehingga terjadilah rasa sakit atau yang sering disebut kram pada perut.

Kram pada Ibu hamilPenyebab Kram pada Ibu Hamil

Ternyata kram yang dirasakan adalah satu gejala yang disebabkan oleh insufisiensi pembuluh darah vena. Menurut Dr R. Suhartono, MD wanita hamil akan mengalami perubahan hormon selain itu kehamilan akan menyebabkan pembuluh darah khususnya perut dan kaki tertekan oleh rahim. Telah disampaikan pula tekanan ini diketahui dapat menghambat aliran darah ke jantung dan menyebabkan varises, jika terus dibiarkan akan mengakibatkan pembuluh darah vena pecah atau terjadi akumulasi dan menyebabkan pembekuan darah , atas dasar hal tersebut, seorang wanita hamil dianjurkan harus tetap beraktifitas untuk menjaga otot-otot kaki dan perut bekerja sehingga dapat memompa darah dari kaki ke jantung dengan baik. Disarankan pula agar wanita yang mengalami Kram pada ibu hamil malam hari nya mengambil posisi tidur menghadap kekiri atau kaki dapat sedikit ditinggikan. Yang terpenting adalah tetap menjaga ransangan pada otot kaki sehingga otot tetap terkontraksi.

Kram kaki Pada ibu HamilKram pada ibu hamil dapat terjadi karena beberapa faktor selain karena kaki kelelahan menopang beban berat badan yang berlebih. Ternyata kram pada ibu hamil dapat terjadi karena kurannya aliran darah yang mengalir kebagian bawah tubuh yang biasanya  terhambat akibat peningkatan berat badan dan tekanan di daerah uterus. Penyebab lainnya adalah kurangnya asupan mineral dalam tubuh selama kehamilan seperti potasium, magnesium dan kalsium. Cara umum untuk mencegah kram pada ibu hamil adalah memperbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi dan melancarkan aliran darah. Pastikan anda mengkonsumsi makanan ayng menagandung kalsium seperti susu, yoghurt keju dan sayuran hijau dalam menu anda. sediakan pula satu buah pisang setiap harinya agar kebutuhan potasium terpenuhi. Luruskan ujung kaki mengarah ke atas dan bagian tumis bawah psosi ini dapat merengangakan otot betis ketika keram menyerang.

Kram waktu HamilCara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil

Untuk mengatasi kram pada ibu hamil cobalah anda untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. Coba pula menghangatkan area kram dengan air hangat sambil mengoleskan krim penghangat pada area kram pada ibu hamil yang terjadi, teruatama pada bagian perut juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin B. Para ibu patut mengingat gejala kram pada ibu hamil ini biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan, tetapi juga tidak berarti kram pada ibu hamil tidak terjadi di masa trimester pertama dan kedua tidak rentan terhadap gejala kram pada sekitar perut.

Related Post Penyebab dan Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil

Manfaat Musik Klasik Untuk Ibu Hamil

Kenali Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Pentingnya USG Pada Ibu Hamil

Tahap Perkembangan Janin

Manfaat Senam Pernapasan Ibu Hamil