Home » Ibu Hamil Sehat » Tahap Perkembangan Janin

Ketahui Tahap Perkembangan Janin untuk Jaga Tumbuh Kembang Bayi

tahap-tahap perkembangan janinAnda yang sedang hamil tentu saja sangat ingin mengetahui tahap-tahap perkembangan janin anda dalam kandungan. Anda tidak sabar ingin melihat bayi anda. Namun tentu saja anda harus bersabar karena ada tahapan yang harus anda lalui. Anda juga harus selalu mencermati perkembangan janin anda karena dengan mengetahui perkembangan janin dalam kandungan anda, anda akan bisa menghindari masalah yang akan menyerang janin dalam kandungan anda. Bagi anda yang sedang hamil, anda bisa mengetahui apa yang terjadi di tiap minggunya dengan sangat mudah. Anda bisa rajin membaca tentang perkembang janin baik dari buku, majalah, website dan sumber lainnya. Anda juga bisa datang ke dokter untuk melihat perkembangan janin anda dengan lebih cepat dan mudah. Di sini anda akan mendapatkan penjelasan dan sedikit gambaran tentang tahapan pertumbuhan janin anda dari waktu ke waktu.

Perkembangan Janin Minggu-Minggu Pertama

tahap-tahap perkembangan janin dalam kandunganAnda tentu sangat senang ketika dokter mengatakan bahwa anda sedang hamil. Terkadang ketika anda memeriksakan diri ke dokter, dokter mengatakan bahwa anda sudah hamil 5 minggu. Lalu mengapa anda tidak merasakan perubahan dan perkembangan janin? Tentu saja usia awal kehamilan memang terkadang tidak disadari oleh wanita apalagi yang siklus menstruasinya tidak teratur. Pada minggu pertama sebenarnya sudah ada janin yang tumbuh di dalam kandungan anda. Hasil penyatuan dari sperma dan juga telur akan membentuk sebuah sel tunggal yang sangat kecil yang sering disebut dengan zigot. Nantinya kromosom yang ada di dalam zigot inilah yang akan menentukan warna rambut, tinggi, figure dan warna mata pada bayi anda. Tahap perkembangan janin pada minggu kedua biasanya akan ditandai dengan menempelnya zigot kecil di dinding rahim.  Perkembangan janin dalam kandungan adalah sebuah mukijzat. Pada awalnya bayi anda terbentuk dari sebuah sel yang kecil dan semakin lama akan berkembang dengan otak, jantung, dan peredaran darah. Pada trimester pertama adalah sebuah tahapan yang sangat rentan. Anda sebaiknya benar-benar menjaga kesehatan dan janin anda karena di usia seperti ini janin dalam kandungan masih sangat lemah. Di trimester pertama, anda belum bisa mendengar detak jantung dan tentu saja sistem peredaran darah pada janin tersebut juga belum sempurna. Nantinya ketika sistem peredaran darahnya sudah semakin sempurna, anda akan mulai merasakan ada detak jantung anak anda di dalam perut anda.

Kegunaan Mengetahui Perkembangan Janin

Banyak ibu yang malas memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui tahap perkembangan janin selama kehamilan. Hal ini tentu sangat membahayakan karena kita tidak akan bisa mengetahui keadaan bayi kita di dalam rahim tanpa memeriksakan diri ke dokter. Kita juga tidak akan bisa mengantisipasi keadaan dan berbagai penyakit yang mungkin menyerang janin kita jika kita tidak pernah datang ke dokter untuk melihat kondisi bayi kita. Lalu apa saja manfaat dari mengetahui perkembangan janin kita?

  • Anda bisa mengantisipasi penyakit buruk yang terjadi pada bayi
  • Anda bisa mempersiapkan kelahiran yang sesuai dengan keadaan bayi anda
  • Sifat, berat badan dan juga ukuran bayi anda akan memberikan petunjuk kesehatan janin anda.
  • Apabila anda sudah mengalami 40 minggu kehamilan namun anda juga belum merasakan tanda kelahiran maka anda harus mengetahui upaya atau langkah terbaik untuk melahirkan anak anda.

Karena banyaknya manfaat dari mengetahui tahap perkembangan janin dari waktu ke waktu, anda sebaiknya rutin memeriksakan diri anda dan janin anda ke dokter kandungan.

Related Post Tahap Perkembangan Janin

Tips Memilih Susu Ibu Hamil yang Bagus

Tetap Sehat dan Fresh Saat Hamil

Manfaat Senam Pernapasan Ibu Hamil

Ketahui Macam-Macam Olahraga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil