Home » Ibu Hamil Sehat » Tetap Sehat dan Fresh Saat Hamil

Hamil adalah saat paling berharga dalam kehidupan seorang wanita. Ada banyak perubahan di tubuh wanita selama masa kehamilan. Lalu bagaimana dengan wanita karir yang tetap harus bekerja? Ada beberapa tips agar ibu hamil bekerja tetap sehat.

Nah, agar tetap bugar selama masa kehamilan maka Anda harus berusaha keras untuk melawan rasa malas dan lemas tersebut. Dengan cara apa? Tentu saja dengan tetap beraktivitas seperti biasanya, namun Anda harus tetap menghindari aktifitas fisik, seperti mengangkat berat, naik-turun tangga, dan beberapa aktivitas yang menimbulkan resiko terhadap kehamilan Anda.

Tips berikut mudah-mudahan dapat membantu untuk memperoleh kondisi yang optimal dan tetap selalu sehat dimasa-masa kehamilan:

  1. Menikmati hari-hari dengan indah dan bahagia selama kehamilan berlangsung. Anda harus menyadari bahwa saat ini Anda adalah wanita yang istimewa karena sebentar lagi akan ada yang memanggil Anda dengan sebutan “Bunda”. Tentu anda akan merasa lebih bahagia jika membayangkan hal tersebut, harapanya dengan perasaan bahagia akan membawa aura positif pada diri anda sehingga atmosfir lingkungan akan jadi lebih baik.Kesehatan Ibu Hamil
  2. Penuhi cakupan gizi anda sebagai wanita hamil. Mulalilah memperhatikan detail asupan gizi anda karena masa kehamilan memerlukan suplay gizi yang cukup supaya perkembangan janin normal, dan berarti itu anda tidak boleh egois hanya mementingkan diri sendiri, mulailah juga memikirkan nutrisi yang baik bagi perkembangan janin buah hati anda.
  3. Cukupi cairan anda supaya tidak terjadi dehidrasi, karena kadangkala apabila kita bekerja diruangan berAC kita tidak menyadari bahwa terjadi penguapan cukup besar pada tubuh kita, nah antisipasilah dengan meminum air putih secara teratur, sadari juga bahwa cairan tersebut juga untuk kepentingan janin anda.
  4. Rajin berolahraga. Olah raga yang dilakukan oleh seorang ibu hamil akan sangat berpengaruh pada kesehatan jantung janin dan dapat membantu melancarkan proses persalinan. Untuk itu disarankan untuk ibu hamil melakukan olah raga ringan untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Apabila anda berada ditempat kerja cobalah untuk melakukan olahraga kecil supaya peredaran darah lancar dan tentunya supaya suplay oksigen ke bagian tubuh lain tercukupi termasuk ke janin.
  5. Duduk di satu tempat untuk durasi yang lama dapat memperlambat sirkulasi darah dalam tubuh. Pastikan Anda melakukan istirahat kecil. Berjalan santai dan banyak minum air dapat mengontrol perasaan menjengkelkan dan penyakit lainnya.
  6. Jauhi asap rokok dan kafein. Asupan kafein bisa berbahaya bagi janin. Menurut banyak penelitian, konsumsi kafein dapat menyebabkan keguguran terutama pada trimester pertama. Kafein merupakan zat adiktif yang memiliki stimulan yang dapat berbahaya untuk tumbuh kembang janin. Demikian pula dengan rokok yang mengandung nikotin, yang dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Ketika Anda merokok atau menghisap asap rokok, bayi akan kekurangan oksigen dan ini akan mempengaruhi pertumbuhannya. Selain itu, merokok dikaitkan dengan kelahiran prematur, keguguran dan cacat lahir.

Dengan tetap sehat dan bugar pada masa kehamilan akan membantu ibu merasa fresh dan senang dalam menjalani masa-masa hamil.

Related Post Tetap Sehat dan Fresh Saat Hamil

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Cara Mencegah Wasir Saat Hamil

Tips mempersiapkan kehamilan yang sehat

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil: Aman dan Manjur